Seni dan desain dalam Arsitektur

Posted: June 14, 2010 in Arsitektur

Seni merupakan sebuah ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair, yang mengandung unsue-unsur keindahan, dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Sedangkan desain adalah proses yang memang harus dilalui dari awal sampai akhir. Dan tidak ada proses yang tiba-tiba jadi tanpa ada kritik dan ujian. Proses desain biasanya diawali dari brainstorming (pengumpulan ide), visualisasi bentuk (form desain), pembuatan desain (design layout/visualisation), pengujian kritik (critiquing). Barulah desain itu menjadi karya desain yang bisa diterima dan dipublish ke publik.

Hal diataslah yang mendasari seni dan desain dalam “Arsitektur “. Mulai dari proses awal penetapan bentuk dasar hingga menjadi sebuah karya arsitektur yang utuh, semua proses desain dalam arsitektur pasti berkaitan dengan seni (unsur keindahan) di dalamnya. Sehingga karya yang dihasilkan memiliki nilai keindahan. Namun selain sisi keindahan di dalam perancangan sangat penting untuk penyesuaian akan fungsi yang diinginkan. Misalnya museum, maka seorang arsitek akan merancang sebuah bangunan dengan fungsi museum yang memiliki nilai keindahan didalamnya. Sama seperti contoh museum gugeinheim karya Frank L. Wright disamping, bentuk dasar bangunan lingkaran yang semakin besar keatas mempunyai nilai seni yang tinggi, namun hal tersebut juga didasari fungsi sirkulasi manusia didalam bangunan dalam menikmati segala sesuatu yang dipajang di dalam museum ini.Jadi pada intinya sebuah rancangan seorang arsitek merupakan sebuah desain dari pemikiran seni dan fungsi.

Arkac Atpic

Comments
  1. Fredy says:

    menurut saya blog ini sangat bermanfaat bagi kita semua. di mana tidak hanya kalangan seorang ahli arsitek saja yg perlu mendalami hal ini, tetapi masyarakat awam juga harus tau mengenai materi ini. bangsa yg besar adalah bangsa yg mengenal sejarahnya, begitu pula jika ingin pendalaman suatu seni arsitektur yg dalam kita juga perlu tahu darimana dia berasal (sejarahnya) agar kita bisa mendapatkan suatu permasalahan yg bisa di pecahkan. dan di dalam blog ini memuat berbagai materi tentang seni arsitektur, dengan di awali sejarah sebuah arsitektur bearsal menurutku sangat bagus…
    kalo bisa tolong donk di tampilkan seni2 konstruksi g mantaff….^^
    GBU

    • atpic says:

      “menurut saya blog ini sangat bermanfaat bagi kita semua…..”
      terimakasih atas komentar anda. Saya tentu akan menampilkan seni konstruksi yang “mantaff” sesuai permintaan anda. Sebab seni konstruksi juga merupakan seni bangunan bukan?! Saya berharap anda sabar menunggu posting saya selanjutnya dikarenakan blog ini sedang dalam proses pembangunan.
      Sekian terima kasih
      Salam
      Atpic Arkac

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s